Headlines News :
Home » , , » Cara Menyiapkan Presentasi dengan Multimedia

Cara Menyiapkan Presentasi dengan Multimedia


Pendahuluan 

Presentasi di kalangan akademisi merupakan salah satu kegiatan pokok yang secara rutin dilakukan baik di depan kelas dalam kuliah maupun di hadapan peserta seminar, lokakarya, pelatihan dan kegiatan pertemuan ilmiah lainnya. Presentasi yang baik tentunya harus dapat menyampaikan isi dan maksud dari yang dipresentasikan ke tujuan presentasi dengan tepat dan efisien. Untuk keakuratan data, angka, gambar, konsistensi presentasi, bentuk-bentuk tampilan yang mudah dimengerti,

keindahan dan lain-lain maka bantuan komputer dalam menyiapkan presentasi sekarang ini sudah merupakan kebutuhan, bahkan mungkin sudah merupakan keharusan. Banyak program-program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi antara lain seperti: Microsoft Powerpoint, Freelance Graphics for Windows, dan Harvard Graphics. Bahkan program aplikasi seperti MS Excel for Windows, Lotus 123 for Windows, dan masih banyak lagi program lain yang dilengkapi kemampuan membuat presentasi grafik.
Paper ini akan membahas Microsoft Powerpoint for Windows sebagai salah satu program aplikasi dalam menyiapkan presentasi, khususnya dengan multimedia. Microsoft Powerpoint adalah aplikasi penyusun presentasi terpopuler saat ini dimana Powerpoint terbaru adalah Powerpoint 97 for Windows 95. Powerpoint ini didukung secara penuh oleh fasilitas Windows 95 seperti nama file yang panjang, multitasking, drag and drop, scrap dan lain-lain.
Kunci utama untuk dapat menyajikan presentasi dengan baik adalah persiapan yang matang. Persiapan yang matang mencakup banyak hal, misalnya penguasaan materi yang akan dipresentasikan, persiapan fisik penyaji termasuk penampilan dan juga persiapan peralatan yang akan digunakan. Dalam pembahasan ini hanya akan diuraikan tentang penyiapan materi yang akan dipresentasikan dan persiapan peralatan yang diperlukan. Lebih khusus lagi adalah penyiapan materi presentasi dengan menggunakan teknologi informasi modern dalam hal ini teknologi multi media. Dalam rangka menyajikan presentasi multi media kita perlu mempersiapkan dan melakukan beberapa langkah misalnya: penyiapan materi atau isi presentasi, persiapan perangkat keras, persiapan perangkat lunak, pembuatan presentasi multi media, persiapan akhir dan penyajian presentasi.

PENYIAPAN MATERI
Konsep materi atau isi presentasi sebelumnya perlu dipersiapkan pada secarik kertas untuk memudahkan kita dalam membuat presentasi dengan program MS-Office Power Point. Pada bagian ini Anda perlu memperhitungkan waktu yang tersedia untuk menyampaikan presentasi, siapa yang akan mendengarkan dan menyaksikan presentasi serta untuk tujuan apa Anda melakukan presentasi. Untuk bagian ini Anda sebagai pembuat konsep presentasi lebih mengetahui apa yang akan disajikan.

Penyiapan Perangkat Keras atau Peralatan
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk presentasi multi media adalah:
o     Komputer. Jenis komputer yang dibutuhkan untuk keperluan ini minimal harus mampu menjalankan program Windows (lebih baik kalau Windows 95) dan tidak terlalu lambat kalau menjalankan program MS-Office Power Point versi terbaru. Untuk itu setidaknya diperlukan processor 486 dan RAM minimal 8 MB. Akan lebih baik lagi jika komputer yang digunakan memiliki fasilitas Sound Card dan loud speaker sehingga efek suara dapat pula terdengar oleh peserta presentasi.
o     DataShow. DataShow yang diperlukan lebih baik jika DataShow dari tipe yang tidak memerlukan lagi perangkat OHP (Over Head Projector). Jadi sebaiknya pilih DataShow atau LCD Projector yang hanya perlu dihubungkan dengan komputer untuk langsung menyorotkan data ke layar. Untuk keperluan ini ada beberapa merek yang terkenal antara lain misalnya INFOCUS.
o     Layar. Kebutuhan akan layar untuk memproyeksikan data agar dapat dilihat oleh seluruh peserta presentasi sangat mendukung. Untuk itu diperlukan sebuah layar yang cukup lebar dan mudah diatur posisinya. Sebenarnya menyorotkan data ke dinding tembok pun cukup memadai, namun ada kalanya kita kesulitan mendapatkan posisi yang cocok agar tayangan dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh peserta termasuk oleh penyaji.

Penyiapan Perangkat Lunak
Ada beberapa jenis perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat presentasi multi media, antara lain misalnya Harvard Graphics dan Power Point dari MS Office family atau Astound. Dalam memilih perangkat lunak yang akan digunakan selain aspek kemudahan dan kelengkapan fasilitasnya, perlu pula diperhatikan aspek ketersediaan atau kemudahan mendapatkan program itu. Meskipun kita telah membuat materi presentasi kita dengan program yang sangat canggih, tetapi pada saat akan mempresentasikan di suatu tempat kita sulit mendapatkan program yang sesuai untuk menjalankannya, maka materi presentasi yang telah kita buat akan sia-sia saja. Karena itu kita harus memilih program yang mudah didapatkan dimana-mana. Untuk yang satu ini program seperti Power Point dari MS Office termasuk yang paling mudah didapatkan. Pada umumnya komputer dengan sistem Windows, apalagi Windows 95 selalu disertai dengan program MS-Office family. Di antara program MS-Office family maka yang hampir selalu ada adalah MS-Word, MS-Excel, MS-Access dan MS-PowerPoint. Jadi boleh dikatakan bahwa hampir semua komputer yang sistem operasinya Windows 95 memiliki program MS-Office Power Point.
Sehubungan dengan itu maka dalam uraian ini akan dibahas cara-cara membuat presentasi multi media dengan menggunakan program MS-Office Power Point.

Pembuatan Materi Presentasi
Cara dan teknik pembuatan presentasi dengan menggunakan program MS-Office akan diuraikan secara lebih lengkap pada bagian akhir uraian ini

 Persiapan akhir
 Jika semua sudah dipersiapkan dengan baik, maka ada satu hal lagi yang juga perlu dipikirkan. Satu hal ini yang perlu mendapat perhatian adalah rencana kedua kita jika ternyata di lapangan terjadi gangguan dalam presentasi. Terutama gangguan jika komputer atau datashow tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk itu perlu dipersiapkan materi presentasi yang dapat disajikan meskipun datashow atau komputer tidak dapat berfungsi dengan baik Karena itu kita pun perlu membuat materi presentasi dengan format biasa, yaitu menyiapkan transparansi biasa. Untuk membuat materi ini sehingga mirip dengan materi yang akan kita sajikan dengan sistem multi media, materi tranparansi dapat dicetak dengan menggunakan program yang sama. Untuk itu dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan mencetak langsung materi presentasi pada kertas HVS biasa. Kemudian hasil cetakan itu difotocopy ke plastik transparansi biasa. Cara kedua adalah dengan mencetak langsung dari MS-PowerPoint ke plastik transparansi. Untuk ini bisa dengan tinta hitam putih yaitu dengan printer biasa. Bisa pula supaya lebih menarik dicetak pada plastik transparansi khusus dengan tinta berwarna pada printer berwarna laser atau jenis deskjet. 

Merancang dan Membuat Presentasi

Merancang dan membuat presentasi yang baik dengan menggunakan program MS-Office PowerPoint sesungguhnya sangat tergantung kepada kreatifitas dan citra seni kita. Bahkan mungkin boleh dikatakan bahwa membuat presentasi dengan program ini tidak ubahnya seperti membuat suatu karya seni. Fasilitas yang disediakan begitu banyak sehingga begitu beragam bentuk yang dapat dibuat. Dapat dikatakan bahwa kita dapat membuat karya yang sangat beragam dan indah, tergantung dari kemauan dan kreatifitas kita. Cara yang terbaik untuk membuat presentasi multi media yang baik adalah dengan mencoba berbagai fasilitas yang ada. Untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan dengan MS-Office PowerPoint, Anda dapat melihat daftar/tabel bentuk dan format yang dapat dibuat dengan program ini pada bagian belakang makalah ini.

Teknik Membuat Presentasi Dengan Power Point
Langkah-langkah pembuatan presentasi dengan MS-Office Power Point. Langkah-langkah ini hanya dapat dipahami dengan baik jika dibaca sambil menjalankan program MS-Office PowerPoint.
(Pada umumnya secara prinsip langkah berikut hampir sama untuk Windows 3XX dan Windows 95)
1.     Jalankan program Windows
2.     Double Click Icon PowerPoint
3.     Terdapat empat pilihan yaitu:
§  AutoContenwizard
§  Template
§  Blank presentation
§  Open existing presentation
AutoContent wizard memberi kita pilihan teks presentasi yang sudah jadi sesuai dengan jenis presentasi yang diinginkan. Teks tersbut membantu kita dengan memberi ide tentang apa yang dapat kita ikuti. Kita tinggal memilih dan mengganti tulisannya sesuai dengan teks yang akan kita tulis.
Template memberi kita pilihan format latar belakang frame/slide presentasi yang diinginkan. Kita dapat memilih jenis latar belakang dan mengetik teks yang akan kita tayangkan.
Blank presentation hanya memberi format teks kosong untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kita kemudian harus memilih lagi format frame/slide dan latar belakang frame/slide.
Untuk membuat presentasi baru maka kita bisa memilih salah satu dari tiga pilihan pertama.

Misalnya kita memilih AutoContent wizard yaitu pilihan pertama:
1.    Double icon AutoContent wizard, maka akan muncul menu dengan pilihan berikut:
-       Start
-       Presentation type
-       Output options
-       Presentation style
-       Presentation options
-       Finish

2. Click Presentation style dengan mouse untuk memilih jenis presentasi yang diinginkan. Disini disediakan contoh-contoh sejumlah frame/slide sesuai dengan jenis presentasi yang akan ditayangkan. Pilihlan salah satu yang kiranya sesuai dengan jenis presentasi yang akan Anda buat.
-       All
-       General
-       Corporate
-       Projects
-       Operations/HR
-       Sales/marketing
-       Personnel
-       Carnegi Coach

3.    Click Output options untuk memilih bentuk keluaran. Disini tentu Anda memilih pilihan pertama yaitu presentation. Pilihan Internet berarti presentasi yang kita buat akan ditayangkan di Internet sebagai format HTML.
-       Presentasi
-       Internet

4.    Click Presentations style untuk memilih format keluaran. Pilih On-screen Presentation (defaultnya) untuk membuat presentasi Anda berwarna.
-       On-screen presentation
-       Black and white
-       Color overheads
-       35 mm slides, serta pilihan untuk mencetak panduan
    1. Presentation options untuk memberi informasi atau keterangan tentang presentasi yang kita buat
    2. Terakhir click Finish untuk menyelesaikan parameter presentasi.
    3. Kemudian akan muncul template tulisan yang telah terisi untuk kita ganti tulisannya sesuai dengan materi presentasi yang akan dibuat.
    4. Double click pada frame yang ingin diubah
    5. Ganti tulisan yang telah ada sesuai dengan tulisan materi kita
    6. Pilih jenis FONT (huruf) yang telah disediakan. Pilih yang indah tetapi tetap mudah dibaca.
    7. Pilih ukuran (size) FONT. Pilih besar huruf yang sesuai. Biasanya sudah dibuat ukuran default (tetapan) yang sesuai dengan jenis huruf yang dipilih.
    8. Pilih warna huruf. Kita dapat mengganti warna huruf dari spektrum warna yang disediakan.
    9. Pilih warna latar belakang. Warna latar belakang dapat dipilih dari berbagai pilihan yang sangat luas.
    10. Pilih efek latar belakang. Efek warna latar belakang pun dapat dipilih dari berbagai pilihan.
    11. Pilih dan sisipkan gambar kalau diinginkan (bisa diatur besar dan posisinya).
    12. Pilih efek transisi antar frame/slide. Efek transisi ini mengatur cara perpindahan antar frame/slide.
    13. Pilih efek masuknya tulisan termasuk efek suara. Pilihan ini mengatur cara masuknya tulisan/huruf dalam satu frame/slide. Begitu banyak pilihan yang dapat diambil.
    14. Selalu menyimpan (save) berkas setiap selesai membuat satu frame/slide.
    15. Buat frame/slide baru dengan mengklik Insert – New Slide.
    16. Selanjutnya lakukan langkah 8 sampai dengan langkah 18 atau 19.
Cara lain kalau kita memilih Template
1.    Double click icon Template. Menggunakan teknik menurut penulis adalah yang paling praktis dan mudah.
2.    Pilih bentuk template. Ada beberapa jenis bentuk template dengan beragam latar belakang yang sangat menarik.
3.    Ketik tulisan yang ingin dipresentasikan pada template yang dipilih
4.    Selanjutnya sama dengan nomor urut 10 sampai dengan nomor 18 atau 19.
Cara lain kalau kita memilih Blank presentation
1.    Double click icon Blank presentation. Bedanya dengan pilihan kedua adalah bahwa disini tidak disediakan template dengan pilihan latar belakang yang menarik, melainkan halaman template kosong (tidak ada warna dan format latar belakang). Kita harus membuat sediri warna dan bentuknya.
2.    Pilih bentuk template.
3.    Ketik tulisan yang ingin dipresentasikan.
4.    Selanjutnya sama dengan nomor urut 10 sampai dengan nomor 18 atau 19
.
Penyajian Presentasi
Untuk mulai menyajikan presentasi multi media yang telah kita buat periksa kembali persiapan dan peralatan yang diperlukan (komputer yang sesuai, layar, LCD projector/datashow, speaker serta kabel-kabel). Yakinkan bahwa semua peralatan sudah terpasang dan terinstall dengan baik. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:
1.    Copykan file presentasi Anda (ekstensi PPT) ke dalam direktori tertentu untuk memudahkan dan mempercepat proses penayangan.
2.    Kemudian jalankan program windows.
3.    Double click icon program Power Point
4.    Double click icon Open existing presentation
5.    Cari dan double click file yang telah Anda copykan ke dalam harddisk komputer
6.    Click View
7.    Click Slide Show 
8.    Selanjutnya majukan dan mundurkan slide sesuai keperluan
                                    _selamat mecoba_ 


Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc. . dan Drs. B. Mustafa, M.Lib 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di News Tutorial

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Sitemap
© 2011. News Tutorial - All Rights Reserved
Template Modify by News tutorial
Proudly powered by Blogger