Headlines News :

Sudut Pandang Kota sorong


Kota Sorong adalah kota lama yang terus berkembang. Nama “Sorong” berasal dari kata “Soren” - kosa kata bahasa Biak Numfor – salah satu etnik Papua yang berlayar kemudian menetap di wilayah ini. Artinya, “laut yang dalam dan bergelombang”. Para pendatang seperti pedagang Tionghoa, misionaris Eropa atau etnik perantau lain di Nusantara mengucapkan kata Soren sebagai Sorong, dan terpakailah kata itu sebagai nama kota ini sampai saat ini.
Kota Sorong menjadi Kota Administratif tahun 1996, dan tahun 1999 ditingkatkan statusnya menjadi otonom sebagai Kota Sorong, dan sejak 28 Februari 2000 resmi terpisah dari Kabupaten Sorong.

Kota Sorong terletak pada posisi koordinat 131°51׳ (seratus tigapuluh satu derajad limapuluh satu menit) Bujur Timur dan 0°54׳ (nol derajad limapuluh empat menit) Lintang Selatan Seluas 1,105 Km², dengan ketinggian 3 meter dari permukaan laut, bersuhu minimum sekitar 23,1° dan suhu udara maksimum 33,7°. Curah hujannya 2,911 mm, hampir merata sepanjang tahun. Tak ada bulan tanpa hujan di kota Sorong, dan kelembaban rata-ratanya 84%.

Topografi Kota Sorong, variatif. Ada pegunungan, lereng, bebukitan dan dataran rendah. Bagian timur dikelilingi hutan lindung dan hutan wisata. Warga Sorong, multietnik, baik Papua maupun pendatang. Keragaman ini juga terlihat dari segi agama yang dipeluk. Sorong, dalam keragaman keyakinan, warganya hidup rukun – kondisi yang mengantar Sorong pada kecemerlangan masa depannya.

Batas kota Sorong, Sebelah Barat: Selat Dampir (Kabupaten Sorong); Sebelah Utara: Distrik Makbon & Selat Dampir (Kabupaten Sorong); Sebelah Timur: Distrik Makbon (Kabupaten Sorong), dan Sebelah Selatan: Distrik Aimas (Kabupaten Sorong) dan Distrik Salawati (Kabupaten Raja Ampat).

Letak kota Sorong sangatlah strategis karena merupakan pintu keluar masuk Provinsi Papua dan kota persinggahan.Kota Sorong juga merupakan kota Industri,Perdagangan dan Jasa, karena Kota Sorong dikelilingi oleh Kabupaten-kabupaten yang mempunyai sumber daya alam yang sangat potensial sehingga membuka peluang bagi investor dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya.
Kota ini juga memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan terdapat perpaduan peninggalan sejarah dan keaslian alami serta keunikan Kota Sorong yang memiliki kota dengan pemandangan laut serta perpaduan panorama bentangan alam Pulau Waigeo, Bantata, dan Salawati yang merupakan satu gugusan kepulauan Raja Ampat, Taman rekreasi Pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya. Di sektor pertambangan, hasil tambang daerah ini berupa minyak bumi, batu gunung, batu kali, sirtu, pasir, tanah urug, dan kerikil. keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, Di Kota ini juga terdapat Bandara Sorong yang terletak di Sorong.


http://efry-day.blogspot.com/2011/07/sudut-pandang-kota-sorong.html
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di News Tutorial

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Sitemap
© 2011. News Tutorial - All Rights Reserved
Template Modify by News tutorial
Proudly powered by Blogger